Fatwa Fiqih Fiqih Wanita

FATWA-FATWA YANG BERKAITAN DENGAN SHALAT (7)

7. Soal: Bolehkah seorang wanita shalat dengan menggunakan cadar dan sarung tangan ?

Jawab :

Bila seorang wanita shalat di rumahnya atau di tempat yang tidak ada seorangpun yang melihatnya kecuali dari kalangan laki-laki yang termasuk mahramnya maka yang disyariatkan baginya untuk membuka wajahnya dan kedua telapak tangannya agar wajah dan hidungnya langsung menempel ke tempat sujud, demikian pula kedua telapak tangannya.

Adapun apabila seorang wanita shalat sementara di sekitarnya ada laki-laki yang bukan mahramnya maka semestinya untuk ia menutupi wajahnya karena menutupi wajah dari laki-laki yang bukan mahramnya hukumnya wajib dan tidak halal baginya untuk membuka wajahnya di hadapan mereka. Sebagaimana hal itu ditunjukkan dalam Al Quran dan Sunnah Rasul-Nya shalallahu ‘alaihi wasallam serta menurut sisi pandang yang benar yang tidaklah meleset di sisi orang-orang yang berakal, terlebih di sisi seorang mukmin.

Adapun memakai kaos tangan pada kedua telapak tangan inipun adalah perkara yang disyariatkan karena sungguh hal ini merupakan apa yang nampak terjadi dari perbuatan para istri shahabat.

Dengan dalil bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya):

“Tidak boleh wanita yang berihram memakai cadar (penutup wajah) tidak pula memakai kedua kaos tangan”  (HR. Bukhari: 1838)

Maka hadits ini menunjukkan bahwasanya termasuk kebiasaan wanita yaitu memakai kedua kaos tangan, sehingga dengan hal ini tidak mengapa untuk seorang wanita memakai kedua kaos tangan bila ternyata ketika ia shalat, sementara di sisinya banyak laki-laki yang bukan mahramnya.

Adapun yang berkaitan dengan menutup wajah maka ia menutupinya selama ia berdiri atau ia duduk namun apabila ia hendak bersujud maka hendaknya membuka wajahnya agar keningnya menempel langsung ke tempat sujud.

(فتاوى أركان الإسلام (٢١٢

والله أعلم
Alih Bahasa: Al-Ustadz Abu Ubaidah Abdurrahman hafizhahullah
(Mudir Ma’had Darul Hadits An-Najiyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *