Adab dan Akhlaq Fiqih Puasa

APAKAH ADA DOA DOA KHUSUS KETIKA MEMASUKI AWAL BULAN RAMADHAN ?

بسم الله الر حمن الر حيم

Soal (442) :

Apakah disana ada doa-doa khusus Dari Sunnah (Hadits) ketika memasuki awal bulan Ramadhan ? Lantas apa sekiranya yang wajib bagi setiap muslim dalam memanjatkan doa dimalam itu ?. Berilah Kami faedah, semoga Allah Azza wa Jalla memberkahi Anda ?

Berkata Syaikh Allamah Shalih Al-Fauzan Hafizhahullah :

Saya tidak mengetahui adanya doa-doa khusus yang diucapkan ketika memasuki awal bulan Ramadhan, hanya saja yang ada doa yang sifatnya umum diucapkan ketika memasuki awal bulan yang ada. Diantaranya dahulu Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam apabila melihat hilal Ramadhan atau hilal (pertanda masuknya awal bulan) bulan yang lainnya, beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam mengucapkan :

“Ya Allah tampakanlah kepada kami pertanda awal bulan yang disertai dengan keamanan dan keimanan serta keselamatan dan keislaman, Allah Rabbku dan Rabbmu, hilal petunjuk dan kebaikan”. (1)

Dalam sebagian riwayat yang lain menerangkan bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengucapkan : “Allahu, Maha Besar, Ya Allah tampakanlah hilal kepada kami disertai dengan keamanan, iman, keselamatan dan keislaman, Allah Rabbku dan Rabbmu”. (2)

Ini diantara doa yang datang (dalam Sunnah) ketika melihat hilal bulan Ramadhan dan bulan-bulan yang lainnya. Adapun dikhususkan bulan Ramadhan dengan doa-doa tertentu ketika memasukinya, saya sama sekali tidak mengetahui sedikit pun dalam hal itu.

Akan tetapi apabila seorang muslim berdoa agar Allah Azza wa Jalla menolongnya agar bisa menunaikan puasa bulan Ramadhan dan agar diterima dari Amalannya, maka hal itu tidak mengapa, akan tetapi tidak dikhususkan dengan doa-doa tertentu. (3)

Al Muntaqo dari Fatawa Al Fauzan Juz 2/370

Catatan Kaki :
  1. Hadits dari Shahabat Thalhah bin Ubaidillah Radhiyallahu‘anhu, HR Tirmidzi (2745) dishahihkan oleh Al-Albani Rahimahullah dalam Ash-Shahihah No. (1816)
  2. HR Tirmidzi dan Ad Darimi dishahihkan oleh Al-Albani Rahimahullah dalam Kalamut Thoyyib 1/138 dan Ash-Shahihah No. (1816). Adapun Syaikh Bin Baz Rahimahullah menganggap hadits-hadits tersebut ada perbincangan dikalangan pakar hadits dan beliau menganggap lemah. Hanya saja jika Seseorang membaca hal itu tidak mengapa, dikutip dari Syarah Syaikh Bin Baz Rahimahullah terhadap hadits-hadits di Riyadhus Shalihin No. (1228) dan setelahnya, Wallahu’alam.
  3. Seperti yang banyak dilakukan oleh sebagian orang dengan membuat redaksi-redaksi doa tertentu ketika memasuki awal bulan Ramadhan, maka hal itu tidak ada sumbernya dalam agama islam.

Alih Bahasa : Al Ustadz Abu ‘Ubaidah Abdurrahman حفظه الله
28 Sya'ban 1441H atau bertepatan 21 April 2020
Ma'had Darul Hadits Annajiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.